Review Buku 

Mengidentifikasi Luka Batin lewat Buku ”Yang Belum Usai” karya Tim PijarPsikologi

Jujur sebenarnya, pada saat membaca buku berjudul “Yang Belum Usai: Kenapa Manusia Punya Luka Batin” saya merasa takjub dengan narasi yang cukup solutif dalam pernyataan yang disampaikan dan bahasanya juga tidak terlalu rumit. Buku ini berjumlah 187 halaman  yang terdiri dari 4 bagian yang mana menjelaskan Luka Batin, Melepaskan Pola Lama, Menyembuhkan Luka Batin, dan Mencintai Diri Apa Adanya secara meluas dan menyajikan definisi dari apa itu luka batin? Bagaimana cara mengidentifikasinya? Dan bagaimana cara perjalanan untuk pulih dari luka batin.  Di samping itu juga buku ini menyampaikan berdasarkan fakta.…

Read More
Review Buku 

Membaca ‘Lebih Senyap Dari Bisikan’, Memahami Problematika Perempuan dan Stigma Masyarakat

“Udah gede ko mukanya masi polos banget, pake make up dong biar kelihatan cantik““Coba kamu kurus, pasti kelihatan cantik““Eh kamu kapan nikah? nanti keburu expired lho““Kapan dapet momongan nih, udah tahun keberapa nikah ko belum dapet juga?, sini deh aku punya tips.. bla.. bla..““Anaknya kok kurus, kamu ngurusinnya gimana deh!” Dan kalimat bualan seterusnya ditujukan untuk perempuan yang katanya basa-basi tapi mencekam abis.  Sadar atau tidak, perempuan dan segala yang dimilikinya seakan ditentukan oleh lingkungan sekitar. Perempuan terjebak oleh standar kenormalan yang telah ditentukan masyarakat demi menjadi perempuan baik yang…

Read More
Review Buku 

Menemukan Kedamaian Hidup Melalui Membaca Novel ‘Ranah Pusaka’ Karya Nellaneva

Novel yang ditulis oleh Nellaneva berjudul “Ranah Pusaka”, bercerita tentang para penghuni indekos Arka yang mencari pusaka di indekosnya. Indekos Arka seperti rumah yang menampung siapa saja yang memiliki masalah hidup. Arka sebagai pemilik indekos membuat pengumuman bahwa orang tuanya menghilang dan ia perlu bantuan para penghuninya yaitu Kalilan, Badran, Ilyas, dan Wina untuk menemukan pusaka sebagai petunjuk mencari orang tuanya. Iming-iming yang dijanjikan Arka bila berhasil adalah bisa menyewa gratis membuat para penghuni tersebut tertarik bekerja sama membantunya.  Lima manusia yang berusaha menemukan kedamaian hidup dalam indekos itu pun…

Read More
Review Buku 

Review Buku Greg Mckeown “Esensialisme: Pentingkan yang Penting Saja”

Setelah saya membaca buku Greg Mckeown berjudul “Esensialisme: Pentingkan yang Penting Saja”, buku ini memiliki penafsiran yang cukup luas dan cukup relevan dengan kehidupan sehari hari saya dalam mengatur waktu. Buku ini cocok bagi mereka yang mempunyai kegiatan produktif namun terlalu banyak mengambil kegiatan yang tidak penting. Buku memaparkan bagaimana cara untuk mereduksi kegiatan yang non esensial menjadi esensial.  Buku ini sangat tidak direkomendasikan untuk mereka yang suka males-malesan atau mageran.  Buku disajikan dengan bahasa yang cukup ringan dan dikaitkan juga dengan cerita para ahli secara empiris (pengalaman) yang membuat…

Read More
Review Buku 

Upaya Merawat Luka Batin dengan Membaca Buku “Represi” Karya Fakhrisina Amalia

Represi bisa diartikan sebagai penahanan terhadap sesuatu. Dalam konteks buku “Represi” yang bergenre young adult ini, penahanan yang dimaksud adalah penahanan terhadap emosi. Penahanan tersebut, dengan berbagai macam emosi yang direpresi ke alam bawah sadar, pada kenyataannya semakin lama semakin bertumpuk dan kemudian bisa meledak.  Buku “Represi” karya Fakhrisina Amalia ini memiliki karakter utama bernama Anna, perempuan yang memiliki luka batin di masa kecil yang kemudian mencoba bunuh diri. Buku ini mengisahkan perjalanan hidup Anna untuk mencapai penerimaan diri dengan bantuan psikolog.  Sebelumnya, Anna bukanlah sosok periang. Namun, kehadiran para…

Read More
Review Buku 

Polemik tentang Teori Kapitalisme: Analisis, Perdebatan, dan Transisi ke Sosialisme

Tidak perlu menjadi seorang Marxis untuk mengetahui—dan mengakui—bahwa dunia sekarang berada dalam jerat kapitalisme. Tantangannya adalah, bagaimana mengakhiri kapitalisme. Namun menghancurkan kapitalisme, tidak mungkin dicapai tanpa adanya pengetahuan yang cukup mengenai kapitalisme itu sendiri. Secara historis, kapitalisme telah berkembang dari masa ke masa. Kapitalisme sudah seperti sinonim dari realitas itu sendiri. Perdebatan mengenai kapitalisme juga terus hadir sebagai reaksi atas cara kerja kapitalisme. Buku Tom Bottomore, Teori Kapitalisme Modern, menganalisis polemik dari para intelektual dalam menjelaskan apa itu kapitalisme dan implikasi dari sistem ini. Buku ini menarik karena Bottomore membahas kapitalisme…

Read More
Review Buku 

Di Balik Kebohongan bahwa Perempuan Inferior dan Jalan Pembebasan Perempuan

Jarang saya dengar di ruang diskusi bicara ihwal matriarki. Riuh berisik di ruang diskusi kerap hanya menggaungkan perlawanan terhadap patriarki. Sayangnya, masih ada yang menempatkan konsep perlawanan terhadap patriarki sebagai perlawanan antara jenis kelamin perempuan melawan jenis kelamin laki-laki, bukan pada persoalan terkait dominasi. Saya kira, hal inilah yang membuat masih adanya kekeliruan dalam mendefinisikan pembebasan perempuan secara murni. Sehingga, kita akan menjumpai perang antar jenis kelamin yang menggelikan pada linimasa setiap menyinggung domestikasi, dibanding menempatkannya dalam kerangka pertarungan kelas. Beberapa bulan lalu, jagad dunia maya heboh membahas topik “bekal…

Read More
Review Buku 

Kondisi Pekerja selalu Terkait dengan Konflik Kelas: Studi Kasus di Indonesia

Ketika serikat pekerja melakukan demonstrasi, seringkali muncul tanggapan sinis dari pekerja lain. Secara umum, orang cenderung melihat adanya respon negatif terhadap aksi protes kelas pekerja sebagai dampak dari politisasi gerakan pekerja, mulai dari politik bahasa sampai penjinakan serikat buruh agar sesuai dengan kepentingan pengusaha dan pemerintah. Namun, analisa tersebut melupakan aspek terpenting yang telah memecah belah pekerja di tempat kerja, yakni proses kerja. Buku Kelas Pekerja dan Kapital di Indonesia: Tinjauan Awal, berusaha mengetengahkan proses kerja dalam analisisnya terhadap pekerja di banyak sektor. Krusialnya analisis terhadap proses kerja telah ditunjukkan Marx…

Read More
Review Buku 

Kekuatan Kelas Pekerja: Yang Telah dan Akan Mengubah Dunia

Dalam demonstrasi menentang Omnibus Law Cipta Kerja, timbul banyak pertanyaan dalam benak masyarakat. Mengapa mahasiswa dan pelajar demonstrasi menentang hal yang mengatur soal tenaga kerja? Mengapa pengangguran ikut berdemonstrasi? Sebenarnya siapa yang dimaksud sebagai kelas pekerja? Mengapa perjuangan kelas pekerja amat penting bagi masyarakat? Buku yang berjudul Dapatkah Kelas Pekerja Mengubah Dunia? ini mampu memberi pemahaman secara tidak langsung mengenai gerakan menentang Omnibus Law. Michael Yates, penulis buku, menguraikan gerakan kelas pekerja dengan mendasarkan pada suatu pertanyaan besar yang menjadi judul buku ini. Di sini, Yates menguraikan tentang gerakan kelas pekerja yang…

Read More
Review Buku 

Mitos Kemajuan di Balik Angka Pertumbuhan

Dari sudut ruang seminar hingga pidato kenegaraan, produk domestik bruto selalu digunakan sebagai indikator utama kemajuan sekaligus kesejahteraan sebuah negara. PDB menjelma sebagai mantra yang mendominasi pemberitaan di media massa dan perdebatan publik ketika berbicara tentang cara mencapai kemakmuran. Kuasa negara-negara di dunia bahkan diurutkan berdasarkan jumlah produk domestik bruto yang dimiliki, seperti dengan dibentuknya kelompok G-8 dan G-20 yang merupakan gabungan negara dengan PDB 8 besar dan 20 besar dunia. Indonesia dengan jumlah PDB tahun 2016 sebesar Rp 12.406,8 triliun menjadi negara dengan PDB terbesar ke-16. Kondisi itu membuat…

Read More